Harbin Sulap Es Batangan menjadi Karya Seni yang Indah

BERSUHU dingin dengan derajat dibawah minus merupakan cuaca yang cukup ekstrem bagi kita yang sebelumnya tidak pernah merasakan musim dingin di negara sendiri. Nah, liburan musim dingin kali ini pada tahun kedua saya berada dinegara yang memiliki empat musim ini untuk dapat mengunjungi  beberapa kota yang berada di China salah satunya Harbin.

Harbin adalah sebuah kota sub-provinsi dan ibu kota Provinsi Heilongjiang di timur laut Tiongkok. Letaknya di tepi selatan Sungai Songhua. Harbin yang memiliki nama julukan Mutiara di leher angsa dikarenakan bentuk Heilongjiang yang menyerupai seekor angsa atau Harbin juga dikenal sebagai Kota Es karena musim dinginnya yang panjang dan dingin ketimbang musim lainnya.

Iklim Harbin dipengaruhi oleh angin juga, sangat angin berhembus maka rasa dinginpun bertambah. Suhu di musim dingin saat saya mengunjungi kota harbin ini adalah -14 °C sampai -20°C . Suhu rata-rata di musim dingin adalah ?15 °C, dengan kemungkinan suhu jatuh hingga ?38.1 °C.

Dunia seni menghasilkan cukup banyak ragam hasil karya, mulai dari musik, lukisan, kerajinan, sastra, dan banyak lagi yang lainnya. Hasil karya Patung Es di dunia juga sudah cukup banyak, mulai dari patung manusia, binatang, gedung-gedung terkenal di dunia, sampai tokoh-tokoh kartun yang terkenal.

Mungkin dipikiran kita es hanya sekadar pelengkap karena mudah mencair. Namun siapa sangka? Es yang sudah terukir nan indah ini dengan minimalis yang mengagumkan mampu bertahan lama.

Dalam pembuatan atau pahatan yang sempurna karya Seni dari balok-balok Es tersebut  tentunya memerlukan keahlian khusus, keterampilan, dan juga pengalaman. Tidak semua orang dapat membuat karya seni dari es yang indah itu. Tentu saja sebuah karya seni yang indah tidak dihasilkan dengan usaha yang begitu mudah dan tanpa tantangan.

Karya seni dari es balok ini tidak hanya berukuran kecil saja, tetapi juga berukuran cukup besar, baik itu dari karya seni yang dibuat dalam bentuk manusia, binatang, bangunan baik itu khas china maupun eropa dan lain sebagainya dengan minimalis yang sungguh indah dengan tambahan lampu yang di sematkan dalam batangan es yang sudah terukir indah itu. Karya seni ini yang nan indah ini tidak hanya bisa di pandang mata tetapi bisa juga untuk dinikmati berseluncur dari es yang licin ini.

Istilah minimalis bukanlah istilah yang asing bagi kita. Apalagi dalam dunia dan bidang arsitektur. Bahkan hampir semua rancang desain mesti ditambahin kata minimalis. Entah itu, hmm istri minimalis, taman minimalis, dapur minimalis, dan sebagainya. kata minimalis adalah desain serba clean (bersih), rapi mungil dan lain sebagainya. Sehingga akan terkesan sangat indah cahayanya yang dipancarkan dari dalam karya seni es tersebut. Dimana istilah minimalis adalah sebuah desain yang sederhana. Yap dalam artian menggunakan bahan seadanya, tidak terlalu mahal namun dapat menghasilkan bentuk yang indah.

Dalam proses membawa atau mengangkat baok-balok es tersebut mereka juga mengerahkan alat-alat berat juga, tidak main-main bukan! Mereka sadar dan pandai dalam bidang itu, karena dalam setiap pengeluaran ada juga pemasukan. Dikeranakan untuk masuk kedalam taman es yang sudah terukir indah itu juga dipungut biaya dengan yang terjangkau. Namun, dalam pemungutan biaya ini tidak semua sama, dengan harga yang berbeda.

Untuk siswa yang masih S1 atau sma dan setara dengan menunjukkan kartu siswa maka dapat diskon harga setengah. Maka kalau suatu saat kalau punya kesempatan bawalah kartu siswa biar mendapat potongan harga.

Dalam menciptakan karya seni dari balok- balok tersebut cukup kreatif dan unik juga professional. Mungkin panjangnya musim dingin ini adalah satu anugerah bagi Rakyat Kota Es tersebut untuk dapat merayakan dan menyukuri diturunkannya salju musim dingin, dan memperlakukan es dengan sentuhan hati serta menjadikannya sebuah nilai seni. Seniman selalu membuat karya yang menjadi sensasi, salah satunya dengan menggunakan media es yang tercipta secara alami, atau dengan bantuan mesin pendingin untuk menjadi es menjadi sempurna.

Karya seni yang terbuat dari es ini terukir dengan sangat baik dan nan indah, Sangking indahnya karya es ini, bahkan hampir tidak terlihat seperti terbuat dari es.

Untuk seni memahat balok-balok es ini biasanya sering dilakukan di negara yang terdapat musim dingin dimana salju turun pada musim tersebut yakni salah satunya kota harbin. Di kota ini juga biasanya saat musim dingin sering diadakan festival seni, lomba, dan pameran patung es sehingga bias menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang luar untuk mengunjungi kota harbin ini.

Karya seni dari balok-balok es tersebut tidak perlu ditempatkan di ruangan khusus yang bersuhu dingin agar tidak mencair cukup di luar ruangan dikeranakan cuaca nya saja sudah cukup sangat ekstrem dingin.

Hasil karya seni dari balok-balok es yang hebat dan keren tenu saja dipengaruhi oleh factor kualitas es. Es yang biasa digunakan adalah es yang berbentuk balok. Kualitas es bergantung pada air dan mesin yang digunakan. Air dan mesin yang berkualitas pasti akan menghasilkan es yang berkualitas juga.

Bersedialah menghadapi kedinginan udara yang membekukan sumsum tulang jika anda melakukan travelling ke Negara yang Iklimnya minus, tetapi suasana yang pasti dengan meihat keindahan karya seni dari balok-balok es tersebut akan menghangatkan hati di Harbin.

Penulis: HELMI SUARDI, Mahasiswa asal Teunom alumnus UIN Ar-Raniry, pada Program Master Jurusan Developmental and Educational Psychology di Huazhong Keji Daxue, Tiongkok.


Pernah diposting di http://portalsatu.com/read/Citizen-Reporter/harbin-sulap-es-batangan-menjadi-karya-seni-yang-indah-26702


EmoticonEmoticon