Cina, Negeri Satu Rupa dengan Seribu Gaya

SIAPA yang tak kenal Cina, negara yang suka meniru hampir segala macam bentuk bangunan, barang, atau produk yang ada di dunia? Mulai dari yang unik, yang populer, maupun yang mewah, termasuk produk smartphone, hampir semua mereka tiru menjadi produk Kw alias tidak orisinal. 

Atau sebutlah apa saja, mereka pun pernah mencoba bikin dan dilabeli made in China. Jika kita membeli barang-barang elektronik buatan Cina sepatutnya kita jeli dan berhati-hati agar sebagai pembeli kita tidak tertipu membeli produk yang ternyata Kw-kw-an.

Sejauh yang saya amati, ternyata tidak hanya barang sehari-hari yang bisa dibuat versi Kw-nya oleh Cina, akan tetapi replika ikon dunia yang sangat mirip dengan aslinya pun mampu mereka hasilkan. Saya malah khawatir, lama-lama ada kemungkinan seisi bumi ini ada saja versi tiruannya bikinan penduduk Negeri Tirai Bambu ini.

Kini, Negeri Panda ini boleh dikatakan sebagai macan ekonomi Asia yang cukup berhasil dan diseganai dalam segala bidang. Mereka maju di segala bidang sehingga pertumbuhan ekonomi negara ini makin menjulang tinggi.

Majunya negara komunis ini sebagai bukti kerja keras mereka dalam menekuni bidangnya masing-masing sehingga dapat menggapai apa yang mereka targetkan.

Dari setiap sudut kota yang telah saya kunjungi, seperti Kota Xian, Tianjin, Harbin, Nanjing, dan tempat saya tinggal saat ini , yakni Kota Wuhan, banyak terdapat bangunan khas Eropa seperti Itali, Spayol, Jerman, Belanda, Paris, Inggris, Rusia, di samping khas Amerika.

Nuansa Eropa begitu terasa ketika kita berada dan melihat langsung bangunan-bangunan khas negara lain yang berada di Tiongkok. Saat kita melihat ke kiri dan ke kanan seolah-olah kita sedang berada di Eropa, tidak sedang berada di Cina. Ini seolah membawa kita terbang sejenak ke Eropa.

Namun, tidaklah hilang ciri khas mereka sebagai Cina yang tetap menjaga bangunan candi-candi (temple) dan khas unik lainnya yang penuh dengan ukiran klasik dan unik. Ditambah lagi dengan ide unik rakyat Cina yang suka mengubah-ubah tatanan kota sehingga setiap hari banyak perubahan di setiap sudut kota dan perumahan warga.

Di samping itu, kehidupan warga Tiongkok sudah mulai mengikuti ala Barat, baik itu dari cara hidup maupun style mereka.

Jika Anda suka dengan ikon-ikon dunia tersebut, maka Negara Panda ini sangat tepat untuk dijelajahi, di samping bangunan khasnya Eropa pun juga dapat Anda nikmati di sini tanpa perlu terbang jauh ke Eropa.

OLEH HELMI SUARDI, alumnus UIN Ar-Raniry, kuliah pada Program Master Developmental and Educational Psychology di Huazhong University of Science and Technology, melaporkan dari Tiongkok

Pernah diposting di http://aceh.tribunnews.com/2017/10/19/cina-negeri-satu-rupa-dengan-seribu-gaya


EmoticonEmoticon