Satu hal yang perlu diperhatikan soal China

Sedikit saya bercerita apa yang saya amati gerak gerik kehidupan di China.Orang China tuh CUEK dan GA PEDULI sama orang laen, terutama kalo di kota2 besar seperti Wuhan tempat saya tinggal sekarang ini, dan kota2 besar lainnya. Jadi kalo kalian kecopetan, jangan harap ada orang yg bantuin ngejar kayak di Indo. Kalo ada orang diem2 buka resleting tas kalian, jangan harap orang di belakang bakal ngasih tau kalian. Kalo kalian kecelakaan, jangan harap orang di pinggir jalan ada yg nolongin. Kalopun kalian bersimbah darah di tengah jalan, kalian bakal diantepin sampe polisi atau paramedis datang. Ini salah satu hal yg paling ane benci dari China. 

Tapi tentunya hal ini juga bukan tanpa alasan. Saya gambarkan sebuah contoh setelah ditolong malah di tuduh sebagai pelaku, ita yg di takutkan. Tapi percayalah orang baik selalu ada. Terus apakah hal itu membuat kita menjadi enggan untuk percaya dan membantu orang lain? Well, ga tau ya...kapok sih ngga, tapi membuat kita jadi lebih berhati2 sama orang lain. 

Jadi sebenernya, di negara mana pun, selalu aja ada yg namanya orang jahat dan orang baik. Ga di China, ga di Indonesia, semua punya kelebihan dan kekurangannya masing2. Tapi intinya, kalo kita berada di negeri orang dan kita ga paham sama situasi dan kondisi masyarakatnya, ga tau modus operasi penjahatnya, ada baiknya kalo kita lebih ekstra hati2 terhadap diri sendiri dan barang bawaan. So, Be smart, be safe, enjoy your life. Hidup di China tuh seru banget sebenernya, selama kita bisa liat sisi positifnya .

Sebelum pergi ke luar negeri, ada baiknya kita mengenal dulu kondisi dan situasi negara tersebut. Di China, ga jauh berbeda dari negara2 lainnya, ada orang baik dan orang jahat. Ada tukang copet, ada tukang hipnotis, ada perampok, ada pembunuh, pemerkosa, penipu, dan lain sebagainya.
Semoga berguna! Stay safe, guys!


EmoticonEmoticon