Tarian Aceh sangat Spesial di Tiongkok








Melakukan hijrah dari tanah air menuju negara lain untuk menuntut ilmu adalah salah satu jalan untuk mempromosikan negara dan budaya kepada dunia jika kita mau dan ini salah satu tanda cinta kita kepada tanah air.


Sudah beberapa tahun Tarian Aceh selalu menjadi yang terbaik dan terheboh di negera yang berjulukan negara Tirai Bambu atau Tembok Raksasa ini, tidak lain tidak bukan melainkan tarian Aceh mempunyai corak yang khas dan tradisional alias meugampong abeh. Walaupun menggampong atau kampungan tetapi warga kota dan desa yang berada di negara Tirai Bambu tepatnya Propinsi hubei kota Wuhan sangat menyukainya tarian yang kita punya.

Berbicara tentang Budaya Aceh memang tak habis-habisnya dan tak akan pernah selesai sampai kapanpun. Topik yang satu ini memang menarik untuk dibicarakan terutama karena budaya itu sendiri sesungguhnya merupakan segala hal yang berhubungan dengan hidup dan kehidupan manusia. Jadi,selama manusia itu ada selama itu pula persoalan budaya akan terus dibicarakan.

Indonesia merupakan negara yang besar yang kaya akan sumber daya alam dan adat istiadat yang tergantung di dalamnya. Dari ujung Sabang hingga ujung Merauke Indonesia terkenal dengan adat dan budayanya yang beragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki adat dan budaya masing - masing yang tentunya berbeda dengan daerah lain. Salah satunya adalah adat dan budaya aceh. Aceh yang merupakan salah satu daerah istimewa di Indonesia juga memilki adat dan budaya yang kompleks.

Dalam setiap penampilan dari tahun ketahun kita selalu menampilkan lain dari yang lain alias tradisional dengan penuh pertunjukan memukau penonton. Tarian Rapai Geleng ini sebenarnya tergolong mainstream sebagai untuk perform depan khayalak di luar negeri karena kami juga ada bagian-bagian tari saling lempar melempar Rapai sesama pemain. Bagaimanapun, tarian ini menunjukkan sifat kekompakan kita sebagai warga Indonesia. Lagi pula, kita bisa belajar tarian ini lewat youtube. Masalah kostum tari, kami bisa menyewa nya dengan biaya sewa ditanggung oleh pihak panitia dengan tidak lupa memberikan faktur sewaannya kepada sang panitia.

Hampir setiap kampus di china mengadakan sebuah acara dengan penampilan-penampilan budaya-budaya baik dari daerah lokal sendiri maupun internasional. Pada setiap negara pun maju dan mendaftar untuk bisa tampil dan masuk ikut berpartisipasi dalam pergelaran seni pada penghujung tahun. Setiap negara berusaha semaksimal mungkin untuk bisa tampil bagus agar dapat memukau dimata juri dan dapat masuk dalam nominasi terbaik supaya bisa ikut tampil pada hari puncaknya, jika tidak sesuai harapan juri maka penampilan pun tidak bisa di lanjutkan alias tidak bisa tampil.

Pada akhir tahun 2016 dan januari 2017 tarian Aceh sudah tampil dibeberapa kampus yaitu pada kampus Wuhan University, Wuhan Sport University, Huazhong Agricultural University dan pada Kampus Huazhong University Of Science and Technology. Pada kampus Huazhong University of Science and Technology ini tarian Rapa’I Geleng Aceh juga di undang pada Jurusan Pendidikan tempat saya menimba ilmu untuk ikut memberikan kemeriahan.

Dalam regu ini kami beranggotakan 9 orang yaitu kak iza dan saya yang telah dipercayakan oleh teman-teman untuk menjadi sebagai penyanyi atau syech, dan yang menabuh rapa’i ada sdr mulia mardi,al-zuhri, alfri, fadil, hasfi, nabil dan cakmuh. Kerja keras sebuah team ini tidak sia-sia dan terbalas dengan sebuah kata hen bang dari orang-orang china yang artinya sangat hebat dan tepuk tangan yang meriah.

Dalam penampilan budaya di akhir tahun 2016  dan januari 2017 kali ini kami membawakan Tarian Rapa’I Geleng Aceh, yang tergabung dengan beberapa teman aceh dan teman luar aceh yang berasal dari indonesia juga. Tarian Rapa’i Geleng Aceh tidak akan berjalan lancar dan baik tanpa kerja keras dari semua pihak, baik team maupun pihak pengelola.

Terkadang saat hari perform tiba saya meminta izin kepada guru yang bersangkutan untuk ikut perform bersama kawan di kampus lain, sang gurupun memberi izin dan meminta saya untuk mengirimkan gambar-gambar kepada dirinya untuk dilihat, yang lebih asik lagi teman-teman kelas saya minta untuk saya praktekkan bagaimana gerakan tariannya, saya hanya senyum kecil dan malu ketika kawan kawan kelas mengganggu saya dengan penuh penasaran. Akhirnya 9 januari 2017 kamipun tampil untuk permintaan teman-teman kelas saya di kampus jurusan pendidikan yang dihadiri oleh guru-guru besar pendidikan dan siswa siswinya.

Tepuk tangan yang meriah dari penonton menjadi suntikan semangat bermain untuk kami. Rasa bangga menjadi rakyat Aceh yang punya budaya yang luar biasa, yang bisa menghipnotis para peserta yang datang untuk menyaksikannya, wajah tersenyum bahagia dan gembira dikeranakan dengan penampilan budaya yang kita punya.

Mungkin sedikit berbeda dengan penampilan tarian budaya dari negara-negara lain, tarian budaya aceh sangat welcome dan special bagi penyelenggara acara Karna ini unik dan tradisional juga penuh gerakan Wow dan Amazing bagi mereka yang belum pernah melihat sebelumnya.

Melalui budaya Aceh kita perkenalkan, melalui budaya Aceh kita ceritakan, melalui budaya Aceh kita beritahukan nama bahwa Aceh itu ada dan punya budaya yang luar biasa. Hal yang tak kalah penting ialah lakukan apa yang bisa kita lakukan untuk negara pada umumnya dan aceh khususnya yang bersifat positif, kita beritahukan dunia bahwa Aceh itu kaya budaya dan ramah-ramah orangnya.

Oleh HELMI SUARDI, Mahasiswa asal Teunom alumnus Fakulats Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, pada Program Master Jurusan Developmental and Educational Psychology di Huazhong Keji Daxue, Melaporkan dari Tiongkok
  


EmoticonEmoticon